Lemak Trans (Trans Fat)

Happy new year everyone!! Mumpung taun baru ni, enaknya ngepost ‘sesuatu’ yah walopun ngaco tapi biarlah…

Oke dari judulnya udah keliatan kan bakal nulis apa. Itu bukan judul cerpen, bukan juga judul resensi film, apalagi judul sinetron Indonesia -_- Yap, sepertinya aku memang sedang konslet kesetrum bola lampu pijarnya Thomas Alfa Edison, jadi aku mau nulis sesuatu yang [agak] berbau ilmiah-ilmiah gitu #pake jaslab+kacamata. Cekidot…

Err… Pada tau artinya lemak trans belom? Trans di sini artinya bukan Trans Corp yang ada di tivi itu ya.. #semuajugataukalee

Lemak trans adalah lemak tak jenuh yang mengalami proses hidrogenisasi (penambahan hidrogen). Gampangnya, lemak yang biasanya ada di tumbuhan atau minyak sayur adalah golongan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh itu bentuknya cair sejenis minyak gitu, nggak berbahaya, nah tapi karena minyak sayur ini mengalami proses hidrogenisasi maka susunan molekulnya berubah, lemaknya jadi padet. Proses hidrogenisasi ini dapat mengubah lemak tak jenuh menjadi lemak cis dan lemak trans. Kalo mau lebih jelas silakan liat google. #plak Oke oke kalo nggak mau kelamaan liat gambar ini wae -.-

ini poster Breaking Dawn gambar lemak tak jenuh.

ini perment mint lemak cis. Lemak cis secara alami ada pada organisme

lalalaa senangnya belajar kimia ._. Gambar di atas adalah lemak trans.

Walaupun saya bukan ahli kimia mari kita bahas lemak trans… Lanjut..

Perlu diketahui bahwa lemak trans bukanlah asam lemak essensial. Apakah lemak essenberuntung? Bukan -_- oke serius serius… Artinya lemak trans bukanlah asam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh dari asupan makanan. Kata oom Wikipedia nih, mengkonsumsi lemak trans dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung koroner.

Kenapa lemak trans berbahaya? Hmm tadi di atas memang udah kukatakan secara singkat, jadi lemak trans itu meningkatkan total cholesterol level dan LDL (kolesterol jahat) cholesterol level. Tapi juga menurunkan HDL (kolesterol baik) cholesterol level. Lemak trans juga mengganggu penggunaan asam lemak Omega-3. Nah, padahal si Omega-3 ini sangat penting untuk kesehatan jantung. Intinya Lemak trans nggak baek untuk jantung.

Terus, makanan apa aja yang mengandung lemak trans? Kabar baiknya, kita dapat mengetahui makanan apa yang mengandung lemak trans semenjak diberlakukannya hukum yang menyuruh produsen mencantumkan kandungan lemak trans pada produk makanan yang mereka buat. Tapi nggak tau juga ya kalo ada yang curang. Makanan yang biasanya mengandung lemak trans adalah :

  1. Margarin.
  2. Kentang goreng/french fries. Oh tidak padahal aku suka banget makanan ini T-T biasanya makanan yang ada di fast food restaurant. Yah… mulai sekarang dikurangi lah makan ff. Hemat dompet juga #gue mau insyaf.
  3. Camilan keripik, potato chips. Yah, gue juga paling demen ngemil ini nih -_-
  4. Donat, muffin, dan pancake. Oh tidakk!
  5. Coklat, cake , pie. Waduh kenapa yang enak-enak semua nih -.-

Lemak trans ini juga ada secara alami dalam bahan makanan hewani seperti daging merah dan susu. Lemak trans alami ini biasa disebut conjugated linoleic acid (CLA) yang bermanfaat untuk membantu pambakaran lemak dengan mengurangi lemak perut pada pria yang mengalami kelebihan berat badan. Kalo untuk wanita, dimasa menjelang menopause yang mengonsumsi makanan dengan kandungan CLA ini diketahui memiliki kepadatan tulang yang lebih baik.

Penyakit apa aja yang bisa disebabkan oleh lemak trans? Secara umum lemak trans mengganggu kesehatan jantung. Tapi masih ada beberapa penyakit lainnya seperti: Alzheimer (penyakitnya Ronald Reagan), Kanker, Depresi, Obesitas, diabetes, disfungsi liver, dan kemandulan pada wanita.

Gimana? Apakah lemak trans lebih mengerikan dari wewe gombel? Tapi jangan menjudge kalo semua lemak itu nggak baik. Kalo kita nggak mengkonsumsi lemak ntar kalo kedinginan gimana? #curhatan orang kurus. Ingat bahwa lemak juga menjadi bantalan tubuh saat terbentur dan juga menjadi bantalan bagi organ-organ dalam. Lemak juga sumber energi yang lebih besar dari karbohidrat. Selain itu asam lemak adalah penyusun membran sel kita loh, jadi manusia tidak bisa lepas dari lemak juga. Saran gue sih, jangan lupa makan lemak tapi jauhi lemak jahat kayak lemak trans ya. Gue juga mau jaga pola makan ah…

poster breaking dawn

bukan poster breaking dawn

Yup, sekian dulu tulisan ceker pitik dariku. Maaf kalo ada yang menyinggung, mengganggu selera makan, dan kata-kataku yang sok ilmiah. Sekian dan Met taun baru 2012 ya….

(Kompas, Health, Wikipedia, About.com)

Iklan