50 Foot Great White Terfoto di Irlandia

Hei hei readers, udah lama ni nggak nge-blog. Oke, walopun jarang nge-blog, tapi saya tetep menyempatkan diri untuk buka internet. Dan waktu saya browsing, akhirnya saya nemu berita keren… Gue nemu hiu putih berukuran 50 kaki ato sekitar 15 meter. Padahal rekor hiu putih terbesar sebelum ini adalah 23 kaki. Oke sebenernya aku nemu fotonya, bukan hiu nya. Mari kita lihat…

Foto tersebut diambil oleh Jester Fawls dan istrinya; April; ketika menyelam di laut Irlandia di antara pulau utama dengan Pulau Tory. Tory cheese crackers…tory cheesse crackers….tory tory tory~. Oke abaikan saja ocehanku tadi… Jadi ceritanya, kedua pasangan ini ‘bertemu’ dengan hiu gede ini ketika sedang liburan bersama beberapa temannya.

“Kami sedang melakukan penyelaman yang kedua kalinya ketika kami melihat hiu itu. Penyelaman yang pertama kami lakukan di dekat pantai pulau utama, dan kami hanya menemukan krustacea (sejenis kepiting) saja.’ kata Jerry, ups, Jester.

Ketika berada di kedalaman 5 meter, Jester dan April berhenti sejenak. Jester berhenti untuk mengambil gambar April yang berada di tengah sinar matahari, di dalem laut tentunya. Dan peristiwa horror itu dimulai. Jreng..jrengg… Mendadak Hiu Putih yang ukurannya gede banget muncul, entah darimana asalnya.

“Aku berhasil dapet 1 buah fotonya.” kata Jester. “Kejadian itu terjadi sangat cepat, jadi aku nggak bisa motret lebih banyak lagi. Angle nya sempurna, jadi kita bisa ngelihat seluruh bagian hiunya. Ukurannya sekitar 50 kaki!! Anjrit!” tambah Jester. Hehe kalo aku ngelihat kayak begituan sih aku mesti langsung ngacir. Gila aja, berenang di deket hiu pemakan daging yang ukurannya mantabb .

Fotonya Jester terus dikirimin ke sebuah majalah penyelam dan mengirimkan ke ahli biologi kelautan serta para pakar hiu. “Saya mulai kewalahan dengan jawaban mereka, beberapa jam setelah saya kirimkan fotonya. Beberapa hanya menanyakan keaslian fotonya, dan beberapa tertarik. Bahkan salah satu dari mereka bilang kalo fotonya di ‘game-changing’ (aku nggak tau artinya). Tapi saya tidak peduli maksud mereka.” kata Jester.

Tapi kejadian itu justru nggak bikin April takut nyelam di Irlandia lagi loh. “Sejujurnya aku merasa takut. Kalau saja hiu itu dalam keadaan laper, aku pasti sudah tidak tahu harus bagaimana. Faktanya, hiu tidak akan terlihat seram ketika ia sedang tidak nafsu makan.” kata April. Untung banget deh, hiunya nggak laper. Atau nggak doyan sama Tante April, coba kalo iya, mungkin udah in memoriam deh.

Hmmm…. Kalo lihat hiu nya aku jadi inget sama Megalodon deh. FYI, Megalodon itu nenek moyang nya hiu puith. Ukurannya lebih gede dari hiu putih jaman sekarang, menurut ahli ukurannya sekitar 50-80 kaki. Mungkin itu Megalodon, kalo menurut readers gimana? Dan mengenai ukuran hiunya aku juga nggak tau beneran 50 kaki apa enggak.

perbandingan Megalodon (atas) sama hiu sekarang (bawah)

senyum Indonesia, senyum Pepso**nt

Oke, dari cerita ini aku nemu berbagai amanat. Yang pertama jangan lupa bawa kamera ketika menyelam, kalo bisa bareng temen, supaya fotonya bisa dipasang di Fesbuk. Yang kedua, tetap tenang selama bertemu hiu, hiu bakal tertarik sama gerakan-gerakanmu yang lebay. Yang ketiga jangan menyelam di dekat hiu yang laper, tapi berhubung kita nggak bisa nanya hiu itu lagi laper apa enggak, mending jangan nyelam di dekat hiu. Kalo perlu nyelam dengan kurungan. Yang terakhir jangan terlalu narsis (silakan artikan sendiri maksudnya). Sekiann dariku, maaf kalo ada kata-kata yang menyinggung.

(Sport Diver)