The Green Country

Udah banyak negara yang mencoba melawan global warming, termasuk Indonesia. Nah, kali ini kita bakal mbahas Jepang. Berikut fakta-fakta warga Jepang dalam usaha melawan global warming :

Kalau  warga Jepang mau buang sampah yang besarnya lebih dari 30x30x30 cm, mereka harus bayar. Semakin besar dan berat barnag yang mau dibuang ya otomatis biayanya jadi tambah mahal (kurang lebih 10,000 Yen. Wow!!). tindakan ini untuk mengurangi pembuangan benda-benda elektronik yang biasanya dibuang sembarangan.

Tokyo Metropolitan Government punya cita-cita ngubah kota Tokyo jadi kota yang hijau dengan membuka taman-taman kota, menggalakan penanaman tanaman hijau di atap dan dinding gedung (contoh : di gedung Asian Cross Roads Over the Sea), serta menyisihkan beberapa meter jalanan di sekolah-sekolah untuk ditanami rumput. (bener-bener ijo royo-royo ni)

Sejak tahun 2006, Menteri Lingkungan Hidup menggalakan lagi pemakaian “furoshiki” (opo kuwi). Furoshiki itu tradisi Jepang jaman dulu, yaitu kain pembungkus tradisional yang bisa diikat jadi kayak tas. Tujuan program ini buat ngurangi penggunaan tas plastik.

Selain itu penyortiran dan pembuangan sampah di Jepang ketat banget. Jadwalnya disebar ke tiap rumah dan sumber-sumber sampah lainnya. Di jadwal itu ada gambar pengelompokan jenis sampah dilihat dari kemasannya. Sampah yang mudah dibakar yaitu kertas, kardus, botol niasanya diangkut hari Rabu dan Sabtu, kalo yang nggak terbakar diangkut setiap Senin. Kalo yang kelewatan jadwal dikenai denda.

Perusahaan mobil di Jepang jiuga udah mulai banyak yang memproduksi mobil ramah lingkungan. Contoh: Honda Insight, Toyota Prius, Honda Civic Hybrid, Toyota Camry. (kalo soal harganya sih….ya…kantongku bisa jebol. gak kesampean beli salah satu)

Source: google, GoGirl! Magz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s