20 Fun Facts about Food

1. Ternyata coca cola kalo belum dikasih pewarna, warnanya hijau.
2. Dulu, kacang adalah salah satu bahan pembuat dinamit!
3. Es krim adalah makanan dari Cina. Dipopulerkan oleh Marco Polo, penjelajah dari Italia yang pada saat itu menjelajah ke Cina.
4. Penemu Mc’Donald adalah sarjana dari bidang Hamburgerology (beneran ada loh) yang bernama Richard and Maurice McDonald


5. Di tahun 1610 sebuah peraturan dikeluarkan di Crawcow, Polandia. Peraturannya berisi bahwa roti adalah hadiah resmi buat ibu yang baru melahirkan.
6. Ada sekitar 100.000 bakteri di dalam 1 liter air minum!
7. Dalam hidupnya rata-rata orang makan sekitar 35 ton!
8. Permen karet ternyata diciptakan oleh dokter gigi loh. (untung permen karet, bukan permen coklat)
9. Kamu akan merasa cepat lapar bila kamu kedinginan. (kalo pengen gendut ke tempat dingin aja kali ya?)
10. Kalau diitung-itung, McDonald udah menyajikan 7 triliun burger. Kalau disusun, panjangnya sama dengan jarak dari bumi ke bulan bolak-balik 17 kali!
11. Madu adalah satu-satunya makanan manusia yang nggak bakalan basi.
12. Pada zaman pertengahan orang menyajikan ikan dengan seiris lemon. Mereka percaya kalo cairan dari lemon ini bikin tulang ikannya jadi larut dan bisa ditelan.
13. Ada sekitar 1200 jenis semangka
14. Jangan sekali-kali memanaskan apel dalam microwave! Ini bisa bikin ledakan.
15. Perusahaan Ben and Jerry’s ice cream membuang sampah olahan es krim mereka ke peternak babi. Kata peternak, para babi suka semua rasa kecuali rasa Mint Oreo.


16. Diet soda nggak ngurangi berat badan kita. Faktanya diet soda menyebabkan rasa lapar kita bertambah.


17. Kita mengkonsumsi ),007 kalori saat kita menjilat perangko (wew!ada perangko zero kalori nggak ya?)
18. Coklat mengandung zat phenyl ethylamine, yaitu zat yang bisa merangsang reaksi menyenangkan pada tubuh kayak kalo kita lagi jatuh cinta (cieee…)
19. Potato chips pertama kali ditemukan oleh orang Indian dari Amerika Utara bernama George Crum.
20. Cabai Habanero adalah jenis cabai yang paling panas dan pedas.(kirain cabe rawit)

The Green Country

Udah banyak negara yang mencoba melawan global warming, termasuk Indonesia. Nah, kali ini kita bakal mbahas Jepang. Berikut fakta-fakta warga Jepang dalam usaha melawan global warming :

Kalau  warga Jepang mau buang sampah yang besarnya lebih dari 30x30x30 cm, mereka harus bayar. Semakin besar dan berat barnag yang mau dibuang ya otomatis biayanya jadi tambah mahal (kurang lebih 10,000 Yen. Wow!!). tindakan ini untuk mengurangi pembuangan benda-benda elektronik yang biasanya dibuang sembarangan.

Tokyo Metropolitan Government punya cita-cita ngubah kota Tokyo jadi kota yang hijau dengan membuka taman-taman kota, menggalakan penanaman tanaman hijau di atap dan dinding gedung (contoh : di gedung Asian Cross Roads Over the Sea), serta menyisihkan beberapa meter jalanan di sekolah-sekolah untuk ditanami rumput. (bener-bener ijo royo-royo ni)

Sejak tahun 2006, Menteri Lingkungan Hidup menggalakan lagi pemakaian “furoshiki” (opo kuwi). Furoshiki itu tradisi Jepang jaman dulu, yaitu kain pembungkus tradisional yang bisa diikat jadi kayak tas. Tujuan program ini buat ngurangi penggunaan tas plastik.

Selain itu penyortiran dan pembuangan sampah di Jepang ketat banget. Jadwalnya disebar ke tiap rumah dan sumber-sumber sampah lainnya. Di jadwal itu ada gambar pengelompokan jenis sampah dilihat dari kemasannya. Sampah yang mudah dibakar yaitu kertas, kardus, botol niasanya diangkut hari Rabu dan Sabtu, kalo yang nggak terbakar diangkut setiap Senin. Kalo yang kelewatan jadwal dikenai denda.

Perusahaan mobil di Jepang jiuga udah mulai banyak yang memproduksi mobil ramah lingkungan. Contoh: Honda Insight, Toyota Prius, Honda Civic Hybrid, Toyota Camry. (kalo soal harganya sih….ya…kantongku bisa jebol. gak kesampean beli salah satu)

Source: google, GoGirl! Magz